Sabtu, 08 Februari 2014

Someday I'll be Here,, InsyaAllah \[^.^]'/ Part 2 | Balajar Bahasa Jepang

Jika kamu pernah membaca tulisanku sebelumnya, yang judulnya Someday I'll be Here,, InsyaAllah \[^.^]'/
kamu akan melihat Jepang adalah salah satu negara yang ingin aku kunjungi, tapi untuk saat ini Jepang adalah salah satu yang paling menarik bagiku.

Aku juga tidak tahu asal mulanya dari mana, mungkin karena aku salah satu pecinta manga jepang. Mungkin karena selama liburan aku sering menonton NHK (salah satu stasiun TV Jepang yang berbahasa Inggris) yang selalu menayangkan tentang indahnya wilayah-wilayah jepang (gunung, bunga sakura, saljunya) yang bahkan walaupun sampai ke pelosok tetap bersih dan tertata rapi, makanannya, kebudayaannya.. Atau karena sering melihat foto-foto orang yang pergi ke Jepang, yang pastinya aku 'jatuh cinta', jadi setelah selesai kuliah, bergelar sarjana dan freelance,, aku mulai belajar kembali bahasa Inggris dan mulai mempelajari bahasa Jepang.

Yoi boi, kamu tidak salah baca, aku mulai mempelajari bahasa Jepang. Beruntungnya ada seorang expert disekitarku, jadi aku tidak terlalu kesulitan untuk belajar sendiri,, asikkkkkkk!!

Berikut ini tips belajar bahasa jepang yang aku simpilkan sendiri :

  • 1. Pelajari, Pahami, dan Diingat Penulisan dan cara baca  Hiragana dan Katakana
Dari beberapa tulisan yang aku baca, sebaiknya mempelajari bahasa Jepang dimulai dari belajar grammarnya. Tapi kalau menurutku sih sebaiknya dimulai dari mempelajari huruf, cukup Hiragana dan Katakana saja, karena Hiragana dan Katakana sangat banyak digunakan ketika mempelajari grammar, sementara Kanji bisa dipelajari sedikit demi sedikit ketika mempelajari grammarnya.

Pertama kali mulai belajar menulis dan cara baca Katakana dan Hiragana , yang pertama kali muncul dalam pikiran adalah 'Haduuuhhh banyak amit hurufnya', memang sedikit terasa sulit ketika pertama kali dipelajari, tapi lama kelamaan mulai terasa mudah, apalagi ada tatacara dalam penulisannya, jadi lebih mudah diingat milkysmile
  • 2. Jangan lanjut ke materi selanjutnya, kalau materi awal belum bisa

Karena dalam belajar memang butuh ketekunan, jadi jika belum bisa satu materi jangan dipaksa lanjut ke materi selanjutnya. Hal ini bisa mengakibatkan pelajaran dibelakang terlupakan semua, kalau aku sieh,, pertama kali belajar, hanya 5 huruf, ketika sudah terbiasa, lanjut jadi sepuluh huruf.

Biasanya, ketika pertama kali belajar juga kita sangat semangat, nahh peraturan awal yang telah dibuat tetap harus dipatuhi, karena terlalu semangat diawal kemudian bertemu dengan materi yang sulit akan membuat semangat itu luntur, jadi jangan terlalu memaksakan diri!!

Untuk yang mau belajar sendiri menulis dan membaca Hiragana dan Katakana bisa di download disini
  • 3. Belajar Grammar
Apabila, sudah bisa menulis dan membaca Katakana dan Hiragana, langkah selanjutnya adalah mempelajari grammar, karena aku juga sedang belajar grammar, jadi aku belum bisa ngasih tips supaya belajarnya lebih mudah, karena memang grammarnya tidak sama dengan bahasa inggris. 

Untuk belajar grammar, buku yang aku gunakan adalah みんなの日本語 (Minna no Nihongo I). Karena belajar grammar 'lumayan' sulit, sesekali supaya tidak bosan aku belajar menulis Kanji. Buku yang aku gunakan untuk menulis Kanji adalah Basic Kanji
  • 4. Rajin mengulang dan jangan sampai patah arang!
Karena memang tidak mudah, ya memang namanya belajar tidak mudah, jadi tetap semangat,, belajar satu persatu, jika belum bisa pelajari kembali. Kesabaran memang sangat dibutuhkan dalam hal ini, jadi jangan mudah menyerah jika tidak bisa milkysmile
  • 5. Sebagai tambahan!
Sebagai materi tambahan, silahkan sering-sering kunjungi websitenya NHK, karena disana juga ada sarana untuk belajar bahasa jepang, juga ada audionya untuk mempermudah pembelajaran listening.

1. http://www3.nhk.or.jp/lesson/indonesian/index.html
2. http://www.manythings.org/kanji/ --> Untuk belajar Kanji

がんばってねみなさん!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel free to leave your comment :)