Kamis, 23 Februari 2017

Tips: Aplikasi Yang Bermanfaat Untuk Menulis atau Menterjemahkan Bahasa Asing

Hi fellas, kali ini aku akan menuliskan beberapa aplikasi yang akan sangat bermanfaat untuk memeriksa grammar atau menerjemahkan bahasa yang sulit untuk diketik langsung menggunakan keyboard. Yuk langsung cekidot!

  • Grammarly

Nah, aplikasi pertama adalah Grammarly, add-on lebih tepatnya. Sedikit bercerita, aku menemukan add-on ini melalui iklan di Youtube, yang ternyata bermanfaat untuk memeriksa penulisan dalam Bahasa Inggris.  Apa itu Grammarly? Grammarly adalah sebuah tool yang digunakan untuk mengecek grammar/spelling/etc pada tulisan kita. Untuk saat ini, add-on ini hanya berlaku untuk Bahasa Inggris dan digunakan secara online. Untuk menggunakannya juga sangat mudah, perhatikan langkah-langkah berikut ini: 
  1. Langkah awal, klik di link berikut ini untuk menginstall Grammarly. Kemudian klik di Add To Chrome, sehingga muncul sebuah halaman seperti pada gambar di bawah ini, kemudian klik Add Extension
  2. Jika Grammarly sudah terinstall dengan benar, maka akan muncul logo Grammarly (kode loading berwarna hijau) pada sisi kanan atas Chrome atau di laman web yang kamu buka, misalnya di post ini (hanya terlihat pada laman tulis post) dan akun email kamu. 
  3. Cara menggunakannya juga mudah sekali, kamu cukup mengetikkan kata-kata dalam Bahasa Inggris, grammarly akan memeriksanya secara otomatis. Jika tulisan yang kita ketik sudah benar, logo Grammarly akan tetap berwarna hijau. Nah jika ada spelling/grammar/etc yang salah dalam tulisan kita, logo yang sebelumnya berwana hijau akan berubah menjadi merah. Grammarly secara otomatis akan menggarisbawahi kata/tulisan yang salah tersebut. Angka 6 disini menunjukkan bahwa terdapat 6 kata yang penulisan atau grammarnya salah. 
  4. Untuk mengeditnya, kamu bisa langsung mengarahkan cursor ke arah kata yang salah atau  meng-klik di logo tersebut, Grammarly akan memberikan perkiraan jawaban yang benar. Seperti yang diperlihatkan pada gambar di bawah ini. 
  5. Selain pada Chrome, kamu juga bisa menambahkan add-in ini Microsoft Word dan Outlook kamu menggunakan cara yang sama. Mudah sekali bukan? Jika kamu merasa Grammarly memperberat kinerja komputer/notebook yang kamu gunakan, kamu bisa menonaktifkannya, dan mengaktifkannya pada saat diperlukan.  
  • Google Translate
Mungkin sudah banyak yang tidak asing dengan aplikasi ini, karena memang aplikasi ini termasuk aplikasi penerjemah yang paling sering digunakan. Tapi yang ingin aku ceritakan disini adalah tentang salah satu fitur yang terdapat di google translate ini, yaitu menterjemahkan foto. 

Kalau bahasa yang ingin kita terjemahkan ditulis dalam huruf Latin, mungkin tidak ada masalah, dengan mudah kita bisa mengetiknya. Lah kalau menggunakan Bahasa China yang jumlah strokenya nauzubillah.. masak iya mau digambar satu-satu, capek ding! Cara menggunakannya juga mudah sekali. 
  1. Ganti bahasa di aplikasi dengan bahasa yang ingin kita terjemahkan, misalnya bahasa Korea dan pilih Translate to English. Kenapa harus Translate to English? Karena hasil translate yang dihasilkan jauh daripada diterjemahkan langsung ke Bahasa Indonesia. Kemudian klik pada ikon kamera seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini. 
  2. Setelah kamera terbuka, arahkan kamera ke tulisan yang ingin kita terjemahkahkan, kemudian klik untuk memotret sehingga hasilnya seperti ini. Tulisan yang didalam kotak-kotak itu adalah tulisan yang ingin kita terjemahkan. Btw, karena ini gambarnya diambil dari sebuah forum, nama dan komen yang lain terpaksa diblur demi keamanan privasi si pemilik akun. 

  3. Nah, langkah selanjutnya adalah highlight text yang ingin kita terjemahkan menggunakan tangan, seperti yang diperlihatkan pada gambar dibawah ini. Jika kamu ingin menerjemahkan semua tulisan yang sudah dideteksi oleh aplikasi, kamu hanya perlu meng-klik gambar kotak yang dikelilingi titik-titik.
  4. Artinya akan diperlihatkan pada bagian atas gambar, tetapi untuk lebih mudahnya klik pada tanda panah biru, sehingga seluruh artinya akan terlihat. 
Artinya sudah terlihat, dan sangat mudah untuk dipahami bukan? Nah, selain dengan mengambil gambar, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk gambar/foto yang sudah ada. Cara penggunaannya juga sama dengan cara di atas. Mudah sekali bukan? Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Feel free to leave your comment :)